Kamis, 14 Juli 2016

Cara Melihat Jumlah Pengunjung yang Online di Blog atau Website

Assalamulaiakum Wr.Wb.


Cara Melihat Pengunjung Blog yang Online - Pengunjung pada suatu blog merupakan salah satu faktor dan syarat wajib yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan seorang blogger. Banyak blogger yang berkejar-kejaran dan belomba-lomba untuk mendapatkan pengunjung blog sebanyak banyaknya, utamanya pengunjung tetap atau bahasa klasiknya pengunjung setia.

Mengapa Demikian ?

Karena jumlah pengunjung suatu blog merupakan salah satu tolak ukur utama dalam menentukan sukses atau tidaknya suatu blog. Semakin banyak jumlah pengunjung pada suatu blog, maka semakin besar pula presentase calon kesuksesan blog tersebut.





Nah, Alhamdulillah kali ini saya masih bisa menulis artikel di blog Gatul ini, Jika pada blogger biasanya kita hanya bisa melihat berapa jumlah Page View atau total penayangan halaman blog pada hari tersebut tapi kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial dan step by step sederhana tentang Cara Melihat Jumlah Pengunjung yang online pada Blog maupun Website.

Jika menurut saya, salah satu hal yang paling sering seorang blogger lakukan ketika sesudah menulis sebuah artikel pada blog nya mereka akan melihat jumlah penayangan artikel yang barusan di publiskasikan, dan mereka juga akan melihat berapa banyak dalam sekali tayangan orang yang online dan melihat artikel tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Blog Dofollow dan Nofollow ?
Ada banyak Tujuan dari melakukan hal itu, namun biasanya tujuan yang dominan adalahsebagai sarana motivasi diri agar dalpan menumbuhkan rasa senang, coba fikirkan jika kita melihat artikel yang baru saja kita publikasikan ada banyak orang yang melihat, pastinya kita akan merasa senang. dari perasaan senang tersebut akan menumbuhkan rasa semangat untuk terus menulis artikel baru dan artikel yang dapat bermanfaat tentunya.

Namun, yang namanya pengunjung tidak mungkin secara tiba-tiba muncul banyak, emangnya alien yang jatuh dari luar angkasa, dalam perjalanan blog untuk memperoleh pengunjung yang banyak tidak dapat kita peroleh secara instan, kita juga perlu bekerja keras, misalkan harus sering menulis artikel, harus sering men share ke media sosial sehingga banyak permbirsa yang tertarik untuk membaca artikel kita.

Perlu Diketahui :
Jumlah pengunjung atau visitor berbeda lo sob dengan page view. Pengunjung blog atau yang lebih dikenal dengan visitor merupakan jumlah seluruh pengunjung blog anda, lain dengan page view. page view merupakan jumlah tayangan yang telah ditampilkan, jadi 1 orang visitor bisa menghasilkan page view lebih dari 1.

Baiklah, saya rasa sudah sangan panjang basa-basi yang saya sampaikan di atas, sekarang langsung saja kita bahas step by step bagaimana Cara Melihat Jumlah Pengunjung Blog atau Website.

Cara Melihat Jumlah Pengunjung Blog atau Website


Untuk melihat berapa jumlah pengunjung yang online di blog, baik itu blogspot maupun wordpress secara default fitur tersebut tidak disediakan. Sehingga terkadang seorang blogger pasti mempunya perasaan penasaran berapa sih rata-rata pengunjung blog saya sedang online perharinya?
Maka dari itu, pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi sekaligus tutorial penggunaan fitur yang berasal dari situs-situs yang menydiakan fitur untuk melihat pengunjung yang online pada blog.


1. Menggunakan Widget dari Whos.Amung.Us
Dengan menggunakan fitur widget yang disediakan oleh Whos.Amung.Us ini kita bisa melihat berapa orang yang sedang online dan membaca artikel di blog kita. Fitur ini di berikan secara cuma-cuma lo, alias gratis jadi kita bisa menggunakan widget ini dimanapun dan kapanpun kita mau. Berikut ini adalah langkah-langkah pemasangannya.

  • Pergi ke situs Resmi Whos.Amung.Us : http://whos.amung.us/showcase/
  • Silahkan sobat pilih dan tentukan widget yang sudah di sediakan, kalo saran dari saya sendiri pilih widget yang sederhana, yang mempunyai ukuran kecil, agar blog akan tetap ringan.
  • Setelah menentukan widget mana yang akan dipasag di blog, copy kode yang telah ditampilkan lalu paste pada Tata Letak dengan cara : Add Widget - Html Javascript lalu klik save.
  • sekarang lihat maka jumlah pengunjung blog sobat akan terlihat disana.


2. Menggunakan Widget dari Histats
Hampir sama dengan cara pada tutorial yang nomor 1, Histats juga menyediakan sebuah widget yang berfungsi untuk menampilkan banyak total pengunjung yang sedang online disitus anda. bukan hanya itu, histats memiliki fitur yang lebih bayak dibandingkan dengan Whos.Amung.Us, tidak hanya jumlah user oline, histat juga memcatat page view, total visitor, dan lokasi dari mana pengunjung itu berasal. Untuk cara pemasangannya silahkan ikuti step step nya di bawah.

  • Pergi situs histats.com
  • Daftarkan blog anda untuk mendapatkan akses dan mendapat kode widget. 
  • Pilih kode widget yang telah disediakan. silahkan memilih sesuka hati, karena sangat banyak macam macam dan jenis widget di histats.
  • Kalo sudah selesai memilihnya sobat copy kode widget di Tata Letak : Add Widget - Html Javascript.
  • Klik Simpan.


Hanya Itu saja tutorial yang bisa saya bagikan tentang Cara Melihat Jumlah Pengung Blog atau Website anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Wassalamualaikum Wr.Wb.


EmoticonEmoticon